Memory HP Penuh? Begini Cara Mudah Membersihkannya HP Jadi Ngebut


Banyak pengguna ANDROID yang tidak mengerti mengapa memori ponselnya cepat penuh.

Namun apa sebenarnya yang memenuhi memori ponsel Anda? Tentu saja jawaban yang paling akurat adalah data yang tersimpan di ponsel Anda melebihi batas kapasitas penyimpanannya.

Produsen ponsel pintar biasanya melaporkan memori internal dalam kelipatan 4. Memori minimum saat ini adalah 32GB yang biasanya terdapat pada smartphone entry-level.

Sedangkan kapasitas penyimpanan maksimal ponsel andalan saat ini sebesar 512 GB.

Sebenarnya penggunaan slot memori eksternal bisa mengatasi masalah ini.Namun saat ini banyak smartphone Android yang tidak menggunakan fitur ini. Maka dari itu sob, kita hanya bisa mengandalkan penyimpanan internal saja.


Disini saya coba berbagi trik bagaimana cara membersihkan file sampah yang tersembunyi yang tidak penting di hp Android kita.

Kalau sampah itu tidak penting ya sob kalau semakin lama nggak dibersihkan maka semakin menumpuk menjadikan memori HP kalian menjadi penuh dan seringkali saat mau download aplikasi atau video ada tulisan gagal karena tidak cukup ruang penyimpanan.

Trik dan tutorial ini 100% terbukti ampuh melegakan memori HP kalian dan kalian enggak perlu khawatir ya sebab ffile-file penting yang masih kalian butuhkan itu tidak akan ikut terhapus dengan cara bersih-bersih ini.

Jadi kita bersih-bersihnya itu hanya file-file yang tidak penting saja yang masihnempel dan sembunyi di HP kita. Pastinya penasaran kan? yuk simak terus tutorialnya.

Menghapus file sampah itu tidak hanya melegakan memori HP kalian tapi juga bisa membuat performa HP kalian tambah kencang khususnya kalian yang suka nge-game dan juga saat push rank HP kalian itu nggak ngelag lagi gitu ya sob.

Oke Di sini saya akan menghapus file sampah tidak penting yang tersembunyi di HP Android. kalau HP sekarang yang saya gunakan adalah HP Xiaomi memori penyimpanan hp saya yaitu sudah sampai 63% dari kapasitaspenyimpanannya jadi sisa memorinya hanya 19 GB saja.

Sebenarnya di sini kita bisamembersihkan file sampah melalui tombol bersihkan ini ya tapi cara ini tidak saya sarankan sebab berdasarkan pengalaman saya, cara bersihkan Ini gak semua file sampahnya itu hilang. Masih ada file-file sisa yang masih tersembunyi yang tidak hilang yang jumlahnya besar sekali,

Dan parahnya cara ini bisa saja menghapus file penting kita yang masih kita butuhkan misal foto atau video kita itu malah ikut terhapus gara-gara kita jarang membuka filenya dikira tidak penting oleh sistem akhirnya malah kehapus.

Makanya saya tidak menyarankan bersih-bersih dengan memencet tombol ini ya Sob. Oke Langsung saja cara bersih-bersih memori HP dengan aman kalian silahkan menuju ke aplikasi FILE MANAGER, kemudian pilih menu garis ini lalu pilih SETELAN kemudian di tampilan

BERKAS TERSEMBUNYI ini kita aktifkan saja ya dengan menggeser tombol ini ke kanan maka dengan ini terasa sampah kita yang tersembunyi itu akan muncul ya Sob.

Oke kemudian kembali lalu pilih MENU,, berkas ini kemudian cari folder MIUI, kemudian kalian pilih GALLERY, selanjutnya masuk ke menu CLOUD terus pilih CACHE Nah di sini ada file sampah yang tersembunyi lihat di sini juga ada satu file sampah yang ukurannya hingga 700 MB hampir 1 GB sendiri ya.

Totalnya dari semua file sampah di sini maka kita hapus saja semua file ini dengan kita centang SEMUANYA lalu pilih hapus. setelah selesai kita kembali dan kemudian menuju ke menu pencarian, dalam kolom pencarian lalu ketikkan tulisan THUMB,

Nah di sini juga ada file sampah yang,jumlahnya banyak ya Sob kalau kalian nggak pernah hapus jumlahnya bisa sampai bergiga-giga dan kalian gak perlu khawatir ya sebab file-file ini tidak penting dan aman untuk kita hapus jadi kita hapus saja untuk semua file ini.

Selanjutnya ketik kata kunci APK dalam kolom pencarian. APK ini adalah file bekas aplikasi yang telah kita hapus tapi sisa file aplikasinya masih ada di sini atau ketika proses penginstalan gagal makafile APK ini akan tetap nempel di sini ya Sob, maka kita pilih saja semuanya kemudian pilih hapus.

Kemudian ketikkan kata kunci CNT ini adalah file-file tidak penting yang bisa kita hapus ya Sob maka kita hapus saja semuanya.

Selanjutnya ketik kata kunci WEB, dan ini adalah beberapa file tidak penting dan bekas stiker WhatsApp padahal kita sudah pernah menghapusnya tapi file dan stiker WhatsApp ini tetap akan masih ada di sini maka kita bersihkan saja dengan menghapus semuanya.

Kata kunci berikutnya yaitu PNG nah ini adalah file PNG dari sisa-sisa aplikasi yang sudah kita hapus. Nah di sini saya menghapus sebagian saja ya Sob sebab di bawah ini ada beberapa file gambar yang masih saya butuhkan kalau sudah lalu kita hapus saja.

Setelah itu kita ketikkan kata kunci CY dan ini adalah file-file duplikat yang sudah tidak terpakai yang masih tersimpan dan tersembunyi di HP kita langsung saja kita hapus semuanya ya biar bersih sekalian.

Kemudian ketik kata kunci GIF, ini juga file sisa aplikasi yang pernah kita uninstall masih tetap ada di sini ya Sob lalu kita tandai semuanya dan kemudian pilih hapus.

Kemudian yang terakhir lanjut dengan mengetik kata kunci XML. dan ini juga file-file sampah yang tidak penting kita langsung saja hapus semuanya.

Setelah semuanya selesai silahkan matikan hp kalian dan hidupkan lagi HP kalian ya.. setelah selesai bisa kita lihat, di sini saya merasakan HP saya itu terasa lebih kencang dan gerakannya itu mulus ya Sob nggak ngelag patah-patah gitu ya..

Terus di sini kita masuk ke FILE MANAGER dan kita lihat perbandingannya tadi ruang file kita hanya sekitar 63% sekarang menjadi 53% dan ruang memorinya menjadi 24 GB maka cara ini berhasil melegakan memori kita menjadi lebih lega yaitu sekitar 5-6 GB.

Hebat sekali bukan? di sini ada tulisan file lainnya, di sini kalian sebenarnya juga bisa menghapusnya tapi di sini saya sarankan untuk hati-hati dalam menghapusnya yapastikan itu adalah hal yang tidak kalian butuhkan lagi agar kalian tidak menyesal di kemudian hari.

Oke begitu saja sobat momen untuk tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.


sumber: mangkane.com


HALAMAN SELANJUTNYA:

0 Response to "Memory HP Penuh? Begini Cara Mudah Membersihkannya HP Jadi Ngebut"

Post a Comment

Loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==