Mengapa Pasir Muncul di Tabung Melon LPG? Bagaimana Cara Menghilangkannya?

 

Mengapa pasir muncul di tabung elpiji melon?

Seringkali saat kita membeli dan menggunakan gas elpiji untuk memasak, saat menggoyang tabung, terdapat pasir dan gas seperti cepat habis atau tekanan turun pada jarum pengukur tekanan pada katup regulator.

Itu kenapa seperti berpasir dan bagaimana solusinya? apakah tabung melon elpiji itu benar-benar mengandung pasir? Silahkan cek penjelasannya. Gas elpiji adalah gas terkompresi yang akhirnya menjadi cair. Agar gas elpiji ini dapat digunakan dengan baik jika tidak ada yang tersisa maka kita harus mengetahuinya terlebih dahulu.

Dan jika menjadi dingin atau sudah lama tidak digunakan, bisa menjadi sangat dingin dan mengkristal, yang dianggap pasir.

Saat menggunakan tabung akan sangat dingin, karena saya menggunakan regulator tekanan tinggi sebelumnya untuk mengeluarkan banyak gas, jadi pemuaian dari cair ke gas ini sangat cepat dan perlu memancarkan panas.

Panas yang diserap oleh gas berasal dari dinding tabung ini, yang akhirnya mendinginkan dinding tabung setelah sekian lama karena panas diserap oleh gas yang mengembang. Nah, suatu saat karena dingin, lama-lama bisa jadi beku, bagian bawah tabung ini jadi beku.

Agar tidak membeku, ada cara mengocok botol, tetapi cara ini tidak memberikan hasil yang optimal karena pada akhirnya bagian bawah tabung gas akan mengkristal, kita dapat mendengar ciri kristalisasi seolah-olah ada partikel pasir di dalamnya.

Ya, seperti ada butiran pasir di dalamnya. Nah, itu karena mengkristal, jadi apa yang harus saya lakukan? yaitu memanaskannya dengan cara merendamnya di air panas. Bisa dengan direndam di air biasa tapi agak lama. Jika direndam dalam air panas meskipun memanaskan air juga membutuhkan waktu lama, tetapi akan mengubah kristal menjadi cair dengan sangat cepat, sehingga tekanannya akan lebih besar.

Ya itulah, trik yang digunakan agar semua gas di dalamnya benar-benar dapat terus digunakan hingga tekanannya habis adalah dengan merendam tangki LPG dalam air panas.

Caranya

Siapkan wadah yang cukup besar untuk menampung tabung melon elpiji, bisa timba besar atau bak plastik dan siapkan juga air panas. Sekarang, coba pasang regulator yang ada pengukur tekanan pada tabung LPG. Nantinya nda dapat melihat perbedaan tekanan sebelum dan sesudah pemanasan tabung.

Sekarang kita akan mencoba memasukkan tabung ke dalam bak yang akan diisi air panas, nggak usah sampe penuh, cukup sampe tiga perempat tingi tabung, nanti kita lihat apa yang terjadi pada jarum penunjuk tekanan pada regulator jika tabung di bak tersebut diisi air panas.

Bisakah jarum tekanan naik? Kami memasukkan air panas ke dalam timba atau bak yang berisi tabung melon LPG, amati tekanan segera penuh. Dibandingkan dengan sebelumnya, jarum tekanan menunjukkan setengah penuh ke penuh. Ya, itu menjadi buktinya. Jadi apa yang telah mengkristal sebelum kristalisasi gas akhirnya semuanya menjadi cair.

Karena tabung saat digunakan akan mendingin nanti, coba letakkan alas kayu atau bahan lainnya agar tabung tidak bersentuhan langsung dengan lantai terutama yg berkeramik.

Karena akan membuatnya mendingin dengan cepat, saat tabung menjadi dingin di kemudian hari, lantai mendingin dengan sangat cepat. Oleh karena itu, tabung dengan alas kayu atau yang mungkin memiliki alas khusus atau tatakan tabung melon LPG yang menggunakan roda kecil juga dapat digunakan agar tidak langsung bersentuhan dengan lantai.

Semoga Bermanfaat.. 

HALAMAN SELANJUTNYA:

0 Response to "Mengapa Pasir Muncul di Tabung Melon LPG? Bagaimana Cara Menghilangkannya?"

Post a Comment

Loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==