Ternyata Begini Cara Buat Telur Dadar Padang Yang Tebal Dan Kress


Telur dadar ini khas dan sering tersedia sebagai menu di rumah makan Padang

Rasanya yang khas banyak bumbu, tebal serta padat sangat disuka banyak orang. Gimana metode masaknya, yuk kita langsung aja ke metode cara buatnya.

Pertama

Kita siapkan dahulu disini, harus pake daun bawang pre ya, jadi banyaknya daun bawang yang kita gunakan ini kurang lebih 3 batang daun bawang yang diiris setipis mungkin, jadi jangan terlalu tebel jadi biar nanti hasilnya ketika kita potong dia tidak menjadi jelek gitu, biasanya kalau terlalu tebal nanti hasilnya kurang bagus dan kurang rata saat digoreng jadi enggak bagus hasilnya, nanti kalau sudah diiris kita sisikan dulu.

Setelah itu, nah disini rahasianya, jika yang aku ketahui itu umumnya rumah makan Padang itu menggunakan daun kunyit dan untuk campuran bukan daun jeruk. Tetapi jika ingin gunakan daun jeruk sih boleh- boleh aja cuman jika yang versinya rumah makan padang itu lebih kerap memakai daun kunyit, boleh gunakan satu lembar ataupun 2 lembar jadi itu selera tiap- tiap aja ataupun emang tidak suka silakan diskip aja daun kunyitnya ataupun ditukar daun jeruk.  

Lanjut kemudian kita pake bawang merah kurang lebih 8 siung dan yang khas itu sesungguhnya jika orang Padang mesti pake bawang merah yang diiris tipis buat telur dadarnya, jadi upayakan ada bamernya alias harus pake ya..

Berikutnya disini terdapat daun seledri ya kita gunakan kurang lebih 1- 2 batang seledri enggak sangat banyak kemudian diiris pula jika udah nanti sahabat sisihkan. 

irisan 3 daun pre, 2 daun kunyit, bawang merah dan seledri

Kedua

Disini  adalahuntuk bumbu- bumbu yang perlu dihaluskan 

Kita pake cabe merah keriting beratnya kurang lebih 50 gram, ini nggak terlalu pedas atau sesuai selera,  jadi kalo yang suka pedas bisa tambahkan rawit atau takarannya ditambah dari resep 

Kemudian tambahkan 3 siung bawang putih, juga kurang lebih 5 siung bawang merah, lanjut tambahkan garam dan minyak secukupnya dan setelah itu blender hingga halus jika sudah nanti teman-teman sisihkan dulu bumbu yang telah kita blender ini.

Ketiga

Siapkan nanti wadah yang agak besar untuk pengadonan

Di sini wajib kita siapkan 2 telur bebek kalau mau hasilnya padat dan tebel, jangan kuatir amis, jadi kalau memang takut karena sebenarnya kalau udah ditambahkan bahan-bahan lain nanti nggak amis sama sekali jadi usahakan kalau nggak mau 2, 1 pun juga gapapa.

Tapi sebaiknya tetap pakai telur bebek, saya pakai di sini 2 butir lanjut di setelah itu kita tambahkan 4 butir telur ayam ukurannya yang besar kalau  punya simpanan putih telur sisa di kulkas bisa juga ditambahkan, biasanya putih telur ayam kampung dari tukang jamu.nanti tambahkan tapi didinginkan sampai suhu ruang dulu itu akan lebih bagus hasilnya, umumnya kalau rumah makan padang itu sering menggunakan tambahan putih telur juga

Kemudian tambahkan juga merica bubuk ini secukupnya aja, setelah itu teman-teman juga tambahkan di sini garam halus, tambahkan 1 sendok makan tepung beras lalu 2 sendok makan tepung terigu ini pake yang protein sedang jadi yang enggak mau pakai tepung beras juga nggak papa, cuman kalau pakai tepung beras itu hasilnya lebih memadat.

Kemudian setelah itu nanti telur dan tepung diaduk rata dengan pengaduk telur atau dengan garpu juga enggak papa sampai halus dan bener-bener nggak ada lagi gumpalan tepung, benar-benar tercampur rata.

Nah kalo udah, kita lanjutkan penambahan dengan bumbu yang telah kita blender tadi sebenarnya ini boleh juga teman-teman tambahkan bubuk kunyit sedikit kalau mau warnanya lebih cerah, silakan aja kadang juga pakai jadi nanti warnanya itu akan lebih bagus juga.

Karena ini lumayan banyak cabe merah keriting nya jadi enggak perlu tambahan lagi.

Lalu kalau udah rata setelah tambah bumbu yang dihaluskan tadi, tambahkan bumbu irisan tadi semuanya, di sini penambahan bumbu yang diiris ini semakin banyak juga nanti hasilnya akan menjadi tebel juga jadi kalau makin sedikit itu akan membuat telurnya juga nanti enggak begitu tebal, jadi banyak faktor sebenarnya, disini kalau mengaduknya ini jangan cumasebentar udah rata langsung berhenti, sebaiknya biarkan dulu sedikit sampai irisan bawangnya pecah-pecah jadi menyatu dengan telurnya, itu akan membuat telurnya juga nanti tidak ami karena biasanya yang bikin amis itu bumbu dengan telurnya belum merata.

Jadi aduk aja dulu sebentar kalau udah nanti disini juga tambahkan kaldu bubuk jika suka, atau boleh di skip atau mau tambahkan micin juga silahkan.

Jika sudah semuanya, kita lanjut proses penggorengan. Disini kita akan mulai goreng menggunakan 2 wajan teflon agar tebalnya merata, tapi kalo nggak ada bisa juga menggunakan wajan biasa.

Tambahkan minyak goreng pada wajan teflonnya, nggak perlu terlalu banyak ya kalau untuk ini lalu nanti untuk goreng gunakan di sini apinya yang paling kecil agar nanti matangnya merata dibawahnya nggak hangus jadi di tengahnya tetap bisa matang .

Kita tuang adonan telurnya ke teflon sampai cukup matang kemudian membaliknya kita masukkan ke teflon yg kedua, begitu sampai benar-benar matang.

Teflon yang digunakan kalo bisa sama besar agar saat proses pembalikan dadarnya tetap besar dan tebalnya.

Kalau enggak punya teflon silakan pakai wajan biasa aja jadi enggak wajib sebenarnya menggunakan teflon cuman hasilnya aja yang tidak seperti menggunakan teflon. Nah kalau udah mateng semua ini sampai selesai wajib menggunakan api kecil kalau mau hasilnya bagus dan dalamnya tidak ada yang mentah nah seperti ini setelah kita angkat dari wajan lanjut setelah itu teman-teman nanti bisa pindahkan ke piring saji tinggal dipotong-potong sesuai kebutuhan aja di sini setelah itu tinggal teman-teman sajikan.

Selamat mencoba semoga bermanfaat dan terima kasih


HALAMAN SELANJUTNYA:

0 Response to "Ternyata Begini Cara Buat Telur Dadar Padang Yang Tebal Dan Kress"

Post a Comment

Loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==