Aki Mobil Bisa Awet 5 tahun Lebih? Bisa, Begini Trik Dan Tipsnya, Mudah dan Sederhana


ilustrasi aki mobil

Tips dan Trik Aki Mobil Bisa Awet Hingga 5 Tahun Lebih dan Masih Terpakai

Ini hanya sharing pengalaman pribadi, semoga bisa bermanfaat buat semua tp tergantung kondisi masing-masing.

Selama hampir 12 tahun memiliki mobil dengan mobil yang sama saya baru 2 kali mengganti aki mobil, tahun pertama ( karena beli bekas ) aki bawaan mobil dan tahun kelima ( karena telat kontrol ) sekarang sdh 6 tahun lebih masih ok. 

Waktu pertama kali ganti, saya browsing toko penjual aki di kota saya yang langsung dari distributor pemilik merk dan alhamdulillah ada dan langsung ke tokonya. 

Saat di toko, sang pemilik menanyakan jenis mobil dan jenis aki yang mau dibeli. Dia menawarkan untuk upgrade Ah nya aki dan jenis aki basah dan aki kering, kalo aki basah seperti kita tahu perawatannya agak perlu diperhatikan dan tidak boleh lalai dengan kondisi air tapi kalo yang kering disebutnya free maintenance, bebas perawatan, sekali isi air langsung pakai sampai rusak, entah itu berapa, tapi biasanya sekitar 2 tahunan.

Beda dengan aki basah asal rajin merawat kemungkinan masa pakainya lebih lama walaupun tidak ada jaminan dan yang penting tahu triknya.

Akhirnya saya pilih pake aki basah bukan aki kering yg free maintenance itu. 

Tips dan Triknya

Tips dan triknya sangat sederhana yaitu saat beli baru dan diisi air zuur, aki didiamkam dulu selama 24 jam baru dipasang dan dipakai, tips ini terbukti bikin awet aki asal tidak telat kontrol air aki, jangan sampai kehabisan atau melewati batas level air aki. 

Sedikit catatan tentang aki basah dan aki kering

Aki kering tidak perlu diisi karena maintenance free, aki basah kalau airnya kurang dan suka lupa diisi usia pakainya bisa lebih pendek," beber Hadi. keawetan aki kering maupun aki basah bergantung dari pemakaiannya. Aki basah bisa lebih awet dari aki kering kalau kadar air di dalamnya terus terjaga. Sebab pada aki kering karena tidak bisa diisi ulang hanya bergantung pada kondisi air aki di dalamnya selama penggunaan. Kalau aki basah sering kurang air aki usianya bisa lebih cepat dari aki basah karena ada bagian sel aki yang tidak terendam. Jadi bergantung pemakaian dan perawatan kalian sebagai pemilik mobil.


HALAMAN SELANJUTNYA:

0 Response to "Aki Mobil Bisa Awet 5 tahun Lebih? Bisa, Begini Trik Dan Tipsnya, Mudah dan Sederhana"

Post a Comment

Loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==