DWino, Project #1 Timer

Karena harus ada nama untuk kloningan Arduino ini, maka saya menamakannya ' DWino ' .. bisa berarti inisial nama saya ( :D ) + ino adalah nama extention file arduino, atau bisa berarti Do We know ?? .. ya, apakah kita ( sudah ) tahu kalo board ini bisa dibuat berbagai macam aplikasi untuk kemudahan aktifitas keseharian kita ? atau yg paling umum, board ini dipakai untuk aplikasi robotika. Salah satu aplikasi yg bisa dibuat dg Dwino adalah " Timer " .. ya, ini adalah project pertama yg ingin saya kerjakan. Bagi yg sudah expert, tentu ini sangat mudah sekali.. tapi krn sy newbie, maka membuat sketch program pada Arduino IDE menjadi hal yg rumit .. dan ketika mbah google juga sedang tidak bersahabat karena selalu menganjurkan penambahan shield module untuk project ini (yg saya belum punya ) .. maka saya teringat program examples " Blink ", bukankah Blink juga adalah timer, LED pin 13 bisa ON selama 1 detik kemudian OFF selama 1 detik juga serta berulang ( loop ). Sesederhana itu juga sebenarnya program timer yg ingin saya buat, cuma waktunya saya ingin 5 menit ON dan 1,5 jam OFF loop terus tanpa ada setting pewaktuan lagi. Setelah ngoprek cukup lama, Alhamdulillah berhasil sesuai harapan..
Berikut ini gambar Timer Dwino untuk simulasi ON OFF lampu, video tdk saya sertakan karena terlalu lama nunggunya .. :)




Untuk Timer ini sendiri, di pasaran umum juga sdh banyak baik mekanis atau elektrik, tapi dengan Microcontroller bisa lebih banyak fungsi yang bisa dikombinasikan dengan timer.
Karena sekarang saya sedang membutuhkan timer sesederhana " Blink " itu untuk penyiraman tanaman yang digunakan untuk menyalamatikan pompa dengan bantuan relay, maka modifikasi sketch blink ini sdh cukup membuat saya senang ... :) Semoga bermanfaat ..
HALAMAN SELANJUTNYA:

0 Response to "DWino, Project #1 Timer"

Post a Comment

Loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==