Ditemukan, Kayu Sekuat Baja


Baru - baru ini, ilmuwan dan peneliti dari University of Maryland (UMD), Amerika Serikat menemukan metode pemrosesan kayu yang bisa sekuat besi baja bahkan titanium alloys. Seperti dilansir Indiaexpress, Ilmuwan bernama Liangbing Hu bersama timnya mengklaim bahwa kayu hasil pemrosesan temuannya menghasilkan kayu yang kuatnya 12 kali lebih kuat dari kayu sejenis pada umumnya, 10 kali lebih keras dan tahan lama. Kayu tersebut bisa digunakan untuk pengganti besi baja sebagai bahan bangunan, mobil atau kendaraan lainnya, bahkan bisa sebagai bahan pembuatan pesawat karena bisa sekuat titanium alloys.
" Kayu ini bisa menjadi kompetitor besi baja bahkan titanium alloys, kayu ini sangat kuat dan tahan lama " kata Hu, " Kayu ini juga bisa dibandingkan dengan serat karbon, tapi jauh lebih murah " tambahnya. Hu mempublikasikan penemuannya ini pada jurnal Nature. Kayu ini nantinya bisa digunakan sebagai bahan pembuatan mobil, pesawat terbang, bahan bangunan atau semua keperluan yang membutuhkan besi baja sebagai bahan bakunya.
Profesor Teng Li dari UMD mengatakan " kayu ini kuat dan keras, dimana kombinasi tersebut jarang didapatkan dari alam "
Tim tersebut sudah melakukan uji kepadatan kayu tersebut.
" Kayu ini sekeras besi baja, tapi enam kali lebih ringan. Memerlukan 10 kali energi untuk mematahkannya dibandingkan dengan kayu biasa, bahkan bisa dibengkokkan dan dibentuk pada saat awal pemrosesan " kata Li
Team tersebut juga melakukan test dengan tembakan peluru terhadap kayu temuan mereka dengan kayu alami. Peluru bisa menembus kayu alami sedang kayu temuan mereka tidak tertembus peluru.
" Kayu-kayu lunak seperti pinus dan balsa ( jati belanda - ind ) yang pertumbuhannya cepat dan ramah lingkungan dengan temuan ini bisa menggantikan kayu keras tapi pertumbuhannya lambat seperti jati untuk keperluan furniture atau bangunan " kata Hu.

Bagaimana Indonesia, tertarik?? Semoga menginspirasi ...

Sumber gambar : Indianexpress
HALAMAN SELANJUTNYA:

0 Response to "Ditemukan, Kayu Sekuat Baja"

Post a Comment

Loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==